Perkembangan Sistem Operasi pada Android

July 29, 2017
Perkembangan Sistem Operasi pada Android - Android merupakan sebuah Sistem operasi pada Smartphone yang dikembangkan oleh Google yang beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sistem Operasi sendiri adalah sebuah sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak. Bagi sebuah Smartphone, menggunakan Sistem operasi yang terupdate akan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih menyenangkan dari pada menggunakan smartphone yang menggunakan sistem operasi versi yang belum upgrade.
Android
source : https://cnet4.cbsistatic.com/img/QJcTT2ab-sYWwOGrxJc0MXSt3UI=/2011/10/27/a66dfbb7-fdc7-11e2-8c7c-d4ae52e62bcc/android-wallpaper5_2560x1600_1.jpg
Berikut adalah Perkembangan Sistem Operasi Android yang telah dikembangkan oleh Google dari masa ke masa :
a. Android 1.0
Android versi ini dirilis pada tanggal 23 September 2008 dan masih belum memiliki nama dan masih tampak sangat sederhana. Pada versi ini mulai dikenalkan fitur pull-down notification untuk pertama kalinya yang saat ini sering kali kita gunakan untuk melihat pemberitahuan yang masuk pada smartphone android kita. Terdapat juga fitur Android Marrket yang saat ini lebih familiar dikenal dengan istilah Google Play dimana di Android Market inilah aplikasi Android yang berjalan pada versi ini dapat didownload layaknya aplikasi pada Google Play saat ini.


b. Android 1.1
Sistem Android yang dirilis pada tanggal 9 Februari 2009 ini merupakan penyempurnaan dari Android versi 1.0 yang memiliki fitur dapat menampilkan rincian atau tinjauan saat penggunanya mencari lokasi bisnis pada peta. Tak hanya itu Android versi ini juga dapat menampilkan atau menyembunyikan tombol panggilan, dapat menyimpan lampiran pada pesan, serta menambah dukungan pada tata ruang sistem sehingga menjadi lebih baik dari versi sebelumnya.


c. Android 1.5 Cupcake
Android Cupcake
Android versi ini untuk pertama kalinya memiliki brand nama yaitu Cupcake yang dirilis tidak lama setelah android versi sebelumnya yaitu pada tanggal 30 April 2009.Beberapa fitur unggulan dari versi ini diantaranya adalah dukungan terhadap papan ketik virtual pihak ketiga dengan prediksi teks dan kamus pengguna. Mulai mengenalkan widget yang merupakan tampilan aplikasi miniatur yang tertanam pada aplikasi lain serta kemampuanya untuk merekam dan memutar video berformat MPEG4 dan 3GP.


d. Android 1.6 Donut
Android Donut
Versi ini rilis pada tanggal 15 September 2009 dengan fitur andalan yaitu mesin sintesis pengucapan multi bahasa yang memungkinkan aplikasi android tertentu mampu mengucapkan teks dan kemampuan untuk menghapus banyak foto sekaligus serta beberap fitur lainnya.







e. Android 2.0 Eclair
Android Eclair
Android Eclair berbasis kernel Linux 2.6.29 yang dirilis pada tanggal 26 Oktober 2009 ini merupakan versi Android yang pertama kali mendukung HTML5. Pada versi ini pula terjadi peningkatan Google Maps 3.1.2 serta penambahan fitur live wallpaper yang dapat menampilkan animasi pada latar belakang layar depan.



f. Android 2.2 Froyo
Android Froyo
Berbasis kernel linux 2.6.32 dan dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Android versi Froyo menghadirkan banyak perubahan termasuk peningkatan kecepatan, penyimpanan, dan pengoptimalan kerja. Padda versi ini juga terdapat peningkatan fungsionalitas USB thetering dan Hotspot Wi-Fi serta pembaharuan fitur Android Market dengan menambahkan fitru pembaharuan otomatis dan beberapa fitur tambahan lainnya.



g. Android 2.3 Gingerbread
Android Gingerbread
Versi Gingerbread dirilis pada tanggal 6 Desember 2010. Pada versi ini terdapat pembaharuan design antarmuka pengguna dan meningkatkan kecepatan serta kesederhanaan. Peningkatan juga terjadi pada fungsi salin/tempel yang memungkinkan pengguna untuk memilih kata dengan menekan dan menahan layar serta beberapa peningkatan lainya.



h. Android 3.0 Honeycomb
Android Honeycomb
Android versi Honeycomb dibangun berdasarkan kernel linux 2.6.36 yang  dirilis pada tanggal 22 Februari 2011. Pada versi ini terdapat penambahan fitur yaitu System Bar yang memberikan kemudahan serta akses cepat pada notifikasi, status dan tombol navigasi lunak yang terdapat tepat dibawah layar. Terdapat pula Multi-tugas sederhana yang memungkinkan pengguna untuk melihat cuplikan aplikasi yang sedang berjalan serta dapat berpindah dengan cepat dari suatu aplikasi ke aplikasi yang lain dan peningkatan fitur-fitur pada versi sebelumya.



i. Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Android Ice Cream Sandwich
Versi yang dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011 dengan berdasar pada kernel Linux 3.0.1 ini lebih fokus pada perubahan fitur tampilan. Perubahan yang terjadi yaitu pemisahan widget di tab baru yang terletak pada layar bersebelahan dengan aplikasi, pembuatan folder yang lebih mudah dengan adanya gaya drag-and-drop, serta Launcher yang bisa dicustomisasi oleh pengguna.



j. Android 4.1 Jellybean
Android Jellybean Pembaharuan antarmuka yang lebih halus terjadi padda versi Jellybean yang dirilis pada tanggal 9 Juli 2012. Fitur andalannya yaitu teks dua bahasa serta dukungan terhadap bahasa yang lainnya serta kemampuan untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi tertentu dan pembaharuan fitur-fitur lainnya.



k. Android 4.4 Kitkat
Android Kitkat Android Kitkat dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013 hadir dengan tujuan utama yaitu optimasi kinerja dengan perangkat berspesifikasi yang lebih rendah. Peningkatan juga terjadi pada unsur visual seperti penyeimbang audio dan peningkatan suara audio serta perekam aktifitas layar yang terintegrasi.




l. Android 5.0 Lolipop
Android Lolipop Android versi ini pertama kali diperkenalkan pada 25 Juni 2014pada persentasi keynote dalam konferensi pengembang Google I/O. Perubahan yang paling mencolok dari Android versi ini adalah Design antarmuka yang disebut Material Design serta proyek volta yang berguna untuk meningkatkan daya hidup baterai 30%lebih tahan lama.



m. Android 6.0 Marshmallow
Android Marshmallow Versi Marshmallow pertama kali diperkenalkan pada event Google I/O tahun 2015 tepatnya pada tanggal 28 Mei 2015. Android versi ini memiliki skema manajemen daya baru bernama Doze yang mengurangi tingkat aktivitas aplikasi latar belakang. Pengembanganya yang lain yaitu memberikan dukungan asli untuk pengenalan sidik jari.



n. Android 7.0 Nougat
Android Nougat Android Nougat merupakan versi Terbaru dari Android yang dirilis pada tanggal 22 Agustus 2016. Pada versi ini meskipun tidak banyak berubah pada antarmuka namun banyak terjadi pembaharuan pada sisi sistem yang bertujuan untuk menggabungkan efisiensi dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Segi keamanan juga turut serta ditingkatkan pada Android versi 7.0 ini.


Demikianlah pembahasan tentang Perkembangan Sistem Operasi pada Android yang merupakan platform paling populer saat ini yang dikembangkan oleh Google. Semoga bermanfaat . . .

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_versi_Android

Artikel Terkait

11 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
29 July 2017 at 08:49 delete

Dari tahum ke tahun sistem Android makin bagus gan.. makasih infonya..

Reply
avatar
Irmana aja
AUTHOR
29 July 2017 at 08:52 delete

informasinya bermanfaat bagi saya yang kurang memahami masalah tekhnologi, makasih infonya gan

Reply
avatar
Endi Eichar
AUTHOR
29 July 2017 at 09:38 delete

sangat bermanfaat gan infonya
terima kasih

Reply
avatar
29 July 2017 at 10:43 delete

Wah makin keren aja ya perkembangan android jaman sekarang :D

Reply
avatar
29 July 2017 at 18:35 delete

yaps bener banget, sama-sama

Reply
avatar
29 July 2017 at 18:36 delete

Terimakasih gan, semoga bermanfaat

Reply
avatar
29 July 2017 at 18:36 delete

bner banget tuh gan, keren emang platform yang satu ini

Reply
avatar
29 July 2017 at 22:08 delete

saya mulai merasakan sistem operasi android dimulai dari jelly bean, sistem operasi sebelumnya belum dicip dan dirasakan

Reply
avatar
ridho zamroni
AUTHOR
29 July 2017 at 22:25 delete

punya gue baru kitkat, hhhh keren nama" androidnya baru tay soalnya. hehee

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
30 July 2017 at 18:22 delete

Mantap om

Reply
avatar