Penerapan HTML5 pada Dunia Teknologi

July 31, 2017
Penerapan HTML5 pada Dunia Teknologi - Dunia Teknologi terutama dalam bidang web development mengalami perkembangan yang sangat pesat  akhir-akhir ini. Hal ini terjadi tidak hanya diseabkan oleh hadirnya banyak framework Front-end untuk Web Design maupun framework Back-end untuk Web Service. Teknologi yang paling memberikan pengaruh besar adalah hadirnya HTML5 sebagai versi terbaru dari HTML (Hypertext Markup Language).
HTML5
Source Gambar : http://www.ohgizmo.com/wp-content/uploads/2016/07/pic-740x416.jpg

HTML5 merupakan pengembangan kelima dari HTML. Melalui Bahasa Markup ini, pengembangan HTML4 dan XHTML yang awalnya terpisah serta diimplementasikan dalam bentuk yang berbeda kini dapat diimplementasikan menjadi bentuk tunggal dalam pengembangan sebuah website. Tujuan utama dari hadirnya HTML5 adalah agar para developer web dapat dengan mudah mengimplementasikan unsur multimedia dalam websitenya. 


Web yang Dinamis
Dengan didukungnya teknologi multimedia oleh HTML5, membuat sebuah website yang dinamis bukanlah suatu hal yang sulit. Hal ini dikarenakan sebuah set kode pada HTML5 dapat digunakan diberbagai macam perangkat sehingga pemeliharaan dan pengembangan web untuk kedepannya lebih teratur. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat terutama dalam hal finansial karena tidak memerlukan berbagai kode untuk mendukung berbagai perangkat karena fitur pada HTML5 dapat diterpkan pada berbagai perangkat. Pengaksesan berkas pendukung website juga dapat dilakukan dalam mode offline atau tanpa koneksi internet dengan memanfaatkan cache aplikasi yang akan tersimpan pada memori. HTML5 juga sangat mendukung dalam hal lokasi yang mana hal ini akan sangat bermanfaat dalam segi bisnis yang semakin berkembang dengan memanfaatkan teknologi. 


Game Online berbasis Web
Sebelum HTML5 hadir, banyak game online berbasis web yang menggunakan Teknologi Flash. Teknologi Flash hanya mampu menghasilkan game online dengan animasi 2D sehingga hal ini dirasa kurang. Kemudian HTML5 hadir sebagai solusi yang mana Teknologi WebGL yang ada saat ini dapat menampilkan animasi 3D dengan berbasis HTML5. Contoh game online yang menggunakan teknologi berbasis HTML5 adalah Wormate.io dan Agar.io


Fitur lain yang didukung oleh HTML5
Selain mendukung dalam dua hal diatas, berikut ini adalah fitur-fitur yang didukung oleh HTML5 :
- Canvas 2D dan 3D                                   - Cross Document Messaging
- Geolocation                                              - Audio dan Video
- Forms                                                       - MathML
-Microdata                                                  - Server send events
- Scalable Vector Grapich (SVG)               - WebSocket API dan Protocol
- Web Origin Concept                                - Web Storage
- Indexed Database                                     - Application Cache (Offline Web Apps)
- Web Worked                                            - Drag dan Drop
-XMLHtttpRequest Level 2


 Bagi para developer yang selalu mengikuti perkembangan Teknologi Web Development tentu sangatlah bersyukur dengan adanya kemudahan yang ditawarkan. HTML5 merupakan sebuah teknologi yang efektif dan tepat untuk membuat sebuah applikasi berbasis web baik online maupun offline. Memperlajari HTML5 juga tidak sesulit yang dibayangkan. Kita bisa belajar tentang HTML5 di Tutorial Web HTML. Demikianlah beberapa Penerapan HTML pada Dunia Teknologi. Semoga bermanfaat. Salam Belajar !

Artikel Terkait

3 comments

Write comments
Opini Semesta
AUTHOR
31 July 2017 at 10:17 delete

Ane setuju html5 menjadi teknologi paling efektif untuk membuat aplikasi gan

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
31 July 2017 at 10:28 delete

penerus dari html3 nih

Reply
avatar
ADMIN 001
AUTHOR
31 July 2017 at 10:36 delete

makasih gan ilmu nya bermanfaat karena saya suka otak atik template blog

Reply
avatar